Selasa, 08 Oktober 2013

Energi Masa Depan Berbasis Potensi Daerah



Meningkatnya jumlah penduduk suatu negara akan berbanding lurus dengan kebutuhan energi negara yang bersangkutan. Hal ini tentu saja menuntut kesiapan pemerintah untuk menyiapkan persediaan energi untuk generasi yang akan datang. Cadangan minyak yang makin hari makin menipis tentu tidak akan bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan energi dimasa yang akan datang. Untuk itu diperlukan berbagai inovasi untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Adapun pengembangan sumber energi terbarukan adalah salah satu upaya menuju swasembada energi dimasa depan.
            Apa yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Jawa Barat yang saat ini sedang mengembangkan sumber energi terbarukan biosolar yang berbahan baku tanaman kemiri sunan sejatinya adalah upaya untuk mengembangkan sumber energi berbasis potensi daerah. Jawa Barat yang dikenal dengan tanahnya yang sangat subur memungkinkan tanaman semacam ini dikembangkan secara massif. Saat ini ada dua daerah di Jawa Barat yang dijadikan proyek percontohan yatu kabupaten Garut dan Majalengka yang akan segera disusul oleh daerah-daerah lainnya.
            Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh jika pengembangan sumber energi terbarukan ini didasarkan pada potensi daerah. Pertama, secara ekonomi akan mampu menggerakkan perekonomian daerah setempat karena proses pengembangan sumber energi ini tentunya akan memerlukan sumber daya manusia yang tidak sedikit. Selain dapat menciptakan lapangan kerja baru dan menambah pendapatan daerah setempat, dengan adanya kegiatan pengembangan di daerah tentunya akan mampu mengurangi tingkat urbanisasi.
            Kedua, dengan pengembangan sumber energi terbarukan berdasarkan potensi daerah secara langsung akan menciptakan swasembada daerah dalam hal memenuhi kebutuhan energinya. Apa yang dialami oleh masyarakat di Sumatera Utara saat ini dimana sering terjadi pemadaman listrik yang cukup lama salah satunya diakibatkan oleh tingginya ketergantungan daerah tersebut pada daerah lain dalam hal pemenuhan kebutuhan energi.
            Ketiga, dengan berbasis potensi daerah, pengembangan sumber energi terbarukan secara otomatis akan mampu mengurangi jumlah lahan tidur dan mengubahnya menjadi lahan produktif. Hal ini berarti secara tidak langsung kita telah berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam didaerah tersebut. 
            Berdasarkan penjelasan diatas sudah saatnya kita meneliti potensi yang dimiliki oleh setiap daerah untuk kemudian dimanfaatkan untuk keperluan pengembangan sumber energi terbarukan. Setiap daerah tentunya memiliki potensi masing-masing untuk dikembangkan. Dengan begitu kita pun berharap kedepan kita akan mampu menciptakan swasembada dibidang energi sehingga lambat laun dapat mengurangi ketergantungan kepada negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar