Senin, 21 Oktober 2013

Pengawasan Melalui Media Sosial


Teknologi  informasi dan komunikasi yang semakin canggih mengharuskan para orang tua melindungi anaknya tidak hanya didunia nyata, namun juga dunia maya. Dunia maya yang tidak dibatasi oleh letak geografis memungkinkan anak memiliki teman dengan latar belakang sosial maupun geografis yang berbeda. Dalam kondisi tersebut berbagai macam dampak negatif pergaulan di dunia maya siap mengintai anak-anak kita setiap saat.
            Ditemukannya kasus-kasus kriminal yang diawali oleh pertemanan melalui jejaring sosial menandakan bahwa pergaulan didunia maya tidak sepenuhnya benar-benar aman. Selain itu sikap anak yang kadang tidak terbuka pada orang tua bahwa mereka memiliki teman yg mereka kenal hanya lewat jejaring sosial makin menimbulkan kehawatiran dikalangan orang tua.
            Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya orang tua memiliki akun sendiri di situs jejaring sosial dimana anaknya terdaftar. Selain itu tak lupa juga orang tua menjalin komunikasi dengan anak-anak lain yang kebetulan terhubung dengan akun jejaring sosial anaknya. Dengan begitu orang tua bisa tahu apa saja yang mereka kerjakan didunia maya dan dengan siapa saja anak-anak mereka bergaul.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar