Rabu, 25 Desember 2013

Saat yang Tepat untuk Pensiun



Kebanyakan dari kita berpendapat bahwa waktu yang tepat untuk pensiun menjadi seorang pendidik adalah disaat usia kita memasuki masa senja. Namun benarkah demikian ? Dalam pandangan penulis ada dua kondisi yang mengharuskan kita harus segera meninggalkan profesi kita sebagai pendidik dan beralih mencari pekerjaan lain.
            Pertama, saat seorang pendidik tidak lagi mempunyai motivasi untuk belajar maka saat itulah dia harus berhenti menjadi seorang pendidik. Hal ini dikarenakan seiring berjalannya waktu, ilmu pengetahuan juga senantiasa ikut berkembang.  Artinya materi pembelajaran yang diajarkan di kelas akan berbeda dari waktu ke waktu. Pada saat ini, seorang guru TIK tidak mungkin lagi mengajarkan siswanya materi tentang Office 97 sebagaimana yang dia ajarkan kepada  generasi terdahulu, sementara siswa sekarang sudah menggunakan Office 2010.
Artinya, mau tidak mau guru tersebut harus belajar beradaptasi dengan hal-hal baru yang berlaku saat ini. Selain itu seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, maka kurikulum sekolah pun ikut berubah dari waktu ke waktu. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kurikulum yang baru. Kemampuan tersebut bisa diperoleh melalui pelatihan-pelatihan, seminar maupun melalui studi kepustakaan.
Selain itu karakter peserta didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang Pendidik. Metode mengajar yang digunakan pada siswa generasi terdahulu akan sulit diterapkan pada peserta didik generasi sekarang. Hal ini berkaitan antara lain dengan peran orang tua, media dan lingkungan dimana peserta didik berada. Ketiga faktor tersebut akan sangat mempengaruhi tingkat kedewasaan peserta didik yang pada akhirnya berpengaruh pada kesiapan mereka untuk belajar. Oleh karena itu cara ataupun metode mengajar guru harus disesuaikan dengan kondisi siswa saat ini.
            Kedua, ketika kita mulai bermimpi untuk mendapatkan penghasilan yang banyak dengan menjadi seorang guru seperti halnya yang didapatkan oleh orang lain yang bekerja di pabrik maupun di perusahan besar maka sudah saatnya kita  berhenti menjadi seorang guru. Hal ini dikarenakan sekolah bukanlah sebuah perusahaan yang berorientasi untuk mencari keuntungan. Sekolah adalah lembaga sosial yang bertujuan untuk mendidik tunas tunas bangsa agar menjadi insan yang berguna.
            Pendidik yang hanya berorientasi pada materi semata tentu tidak akan optimal dalam mendidik anak. Kekurangan gaji dari lembaga akan selalu dijadikan tema utama dalam setiap diskusi dengan rekan sekerja dan hanya akan menjadi beban bagi lembaga.
            Oleh karena itu jika salah satu kondisi diatas mulai anda rasakan, segeralah berhenti menjadi seorang guru dan carilah pekerjaan lain yang sesuai dengan keinginan anda.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar